Motor Listrik dengan Jangkauan Paling Jauh Hingga 100km

Keberadaan motor listrik di Jabodetabek makin terasa meriah. Apalagi dengan adanya subsidi dari pemerintah membuat gairah motor listrik kembali dirasakan apalagi setelah gelaran berbagai event otomotif terbesar di Indonesia.

Saat ini ternyata masyarakat lebih selektif memilih motor listrik. Utamanya agar tidak terlalu repot sering isi ulang baterai sehingga rata-rata lebih memilih motor listrik yang punya jangkauan hingga 100 km sekali isi ulang daya baterai.

Nah, beruntung kini sudah ada beberapa line up motor listrik dengan jangkauan hingga 100 km untuk sekali cas baterai. Apa saja opsinya? Berikut ulasannya supaya bisa dijadikan pertimbangan.

1. Polytron Fox R

Motor listrik buatan pabrikan lokal ini memang menjadi fenomena tersendiri. Namun, salah satu yang mungkin belum cocok buat sebagian masyarakat adalah sistem langganan baterainya yang membuat ada keterikatan. Untuk tipe Fox R ini sudah menggunakan motor 3.000 watt sehingga tidak perlu diragukan lagi jika diajak melibas tanjakan di Puncak Bogor.

Jangkauannya hingga 130 km dengan kecepatan top 90 km per jam. Untuk rata-rata motor listrik, kecepatan di atas 60 km per jam sudah merupakan kasta tertinggi dalam motor listrik. Karena rata-rata motor listrik dibatasi speednya maksimal hingga 70 km per jam untuk varian tertentu. Untuk harga Fox R ini dibandrol senilai Rp20.5 juta belum termasuk subsidi dari pemerintah.

Jika tertarik mendapatkan subsidi, kamu bisa langsung memesan dari Tokopedia atau marketplace lainnya. Harga di marketplace untuk saat ini masih mendapatkan subsidi dari pemerintah sekitar Rp7 jutaan.

Jika menggunakan aplikasi kredit dari Kredivo bisa kamu cicil hingga 3 bulan dengan bunga 0% saja. Limit yang diberikan Kredivo untuk member premium hingga Rp50 juta. Jadi cocok buat cicil motor listrik pakai Kredivo.

2. Selis E-Max

Motor listrik yang satu ini termasuk salah satu pelopor sepeda listrik di Indonesia. Kini mengeluarkan tipe Selis E-Max dengan jangkauan hingga 120 km dengan kecepatan maksimal 50 kmpj. Baterai yang digunakan sudah dibekali dengan lithium 60V 25 Ah yang dikenal awet dan tangguh.

Selain itu Selis E-Max juga menawarkan double baterai sehingga bisa menjangkau sampai dengan 230 km. Cocok buat digunakan untuk touring ke luar kota dengan menggunakan motor listrik. Untuk proses pengisian dayanya juga tergolong cepat hingga 5 jam. Sementara rata-rata motor listrik lainnya bisa memerlukan waktu antara 8 sampai dengan 10 jam. Untuk harganya di kisaran Rp22 juta, sementar untuk dua lithium harganya Rp28 jutaan.

3. Alva Cervo

Motor ini termasuk motor listrik yang punya desain berani karena tergolong futuristik dan berbeda dengan desain motor listrik lainnya. Konsep yang diusung seperti konsep motor lowrider. Motor ini dibekali dengan dua baterai lithium sehingga mampu menjangkau jarak hingga 125 km.

Kecepatan motor ini bisa berlari hingga 103 kmpj. Proses pengisian baterainya juga tergolong cepat hanya perlu waktu 2 jam saja. Jadi, sangat cocok jika digunakan untuk jarak jauh sekalipun. Hargaya memang cukup tinggi di kisaran Rp35,7 jutaan.

4. Yadea T9

Motor listrik ini termasuk kecil cabe rawit karena motornya sudah mengusung 2.000 watt. Cocok buat jalanan ibu kota dengan kecepatan sampai dengan 60 kmpj. Jangkauannya sudah cukup jauh hingga 100km untuk sekali pengisian daya sampai penuh.

Yadea T9 banyak dipakai oleh kaum hawa dan ibu-ibu karena ukurannya compact dan mudah dikendalikan. Harga sebelum subsidi di kisaran Rp21 jutaan.

5. United Motor TX-3000

Salah satu pabrikan lokal yang punya motor dengan jangkauan hingga 120 km adalah United Motor dengan line up TX-3000nya. Motor ini bisa secara head to head dengan Polytron Fox R yang punya kapasitas motor sama-sama di 3.000 watt.

Wajar jika di atas kertas kecepatannya sama-sama hingga 90 kmph. Jangkauan yang jauh karena dilengkapi dengan dua baterai. Harganya cukup lumayan dengan harga Rp43 jutaan, sudah termasuk subsidi pemerintah. Untuk pengecasan tergolong cepat cukup 4 jam bisa penuh hingga 80 persen.